๐๐๐ค๐จ๐ซ ๐๐ฉ๐๐ง ๐๐๐ฉ๐จ๐ซ ๐๐๐ฅ๐๐ฆ ๐๐๐ง๐ ๐ค๐ ๐๐๐ง๐ข๐ง๐ ๐ค๐๐ญ๐ค๐๐ง ๐๐๐ฌ๐ฉ๐จ๐ง ๐๐๐ซ๐๐ง๐ ๐ค๐๐ญ ๐๐๐๐ซ๐๐ก ๐๐๐ฅ๐๐ฒ๐๐ง๐ข ๐๐๐ฎ๐๐ง ๐๐๐ฌ๐ฒ๐๐ซ๐๐ค๐๐ญ
โRead More
โ
Diskominfo Batam โ Sekretaris Daerah Kota Batam membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (sp4n Lapor) di Ruang Rapat Hang Nadim, Selasa (4/06/2024). Ia menjelaskan Sp4n Lapor merupakan sistem pengaduan yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia sebagai salah satu wujud komitmen dalam mendukung prinsip pemerintahan terbuka serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Diharapkan setelah mengikuti rapat koordinasi ini diharapkan Perangkat Daerah lebih cepat merespon pengaduan yang diterima melalui layanan Sp4n Lapor.
โSemoga dengan mengikuti rapat koordinasi ini, Kita dapat memberikan pelayanan dalam menangani pengaduan dari masyarakat. Kepada narasumber Saya harap dapat memberikan motivasi kepada seluruh peserta rapat agar lebih baik lagi dalam merespon aduan yang diterima dari masyarakat,โ harapnya.
Bahkan untuk menguatkan pelaksanaan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional di Kota Batam, Pemko Batam telah menerbitkan Peraturan Wali Kota Batam Nomor 70 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Pemerintah Kota Batam Tahun 2021-2024.
Kebijakan itu menurutnya menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Peraturan ini mengatur mengenai hak, kewajiban, mekanisme serta pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional yang bertujuan untuk melindungi pengguna pelayanan dalam mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas, wajar dan adil. โBahkan sudah ada aturan yang dibuat, dengan tujuan bagaimana melayani masyarakat dengan baik. Sebagaimana selalu saya sampaikan bahwa salah satu tugas dan fungsi ASN pelaksana kebijakan publik. Termasuk Sp4n Lapor ini adalah kebijakan dan harus dilaksanakan,โ tuturnya.
Komitmen dan keseriusan dalam mengelola Sp4n Lapor membuat Kota Batam berhasil terpilih dan mendapatkan penghargaan sebagai 30 peserta terbaik kategori Instansi Pemerintah (IP) Umum pada kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Sp4n Lapor Tahun 2022.
ย ย